-tika tan- blogs

just 4 hot news..XD

manusia purba bangkit May 21, 2010

Filed under: aneh-aneh,Sains dan Tehnologi — joyztikz @ 12:41 pm

Manusia purba dibangkitkan dari kubur oleh para peneliti. Tentu saja pengertian “dibangkitkan” ini bukanlah harfiah, melainkan lebih pada pemetaan kembali genomnya. Adalah tim ilmuwan Denmark yang mengumumkan,  bahwa seroang pria bermata coklat dari 4.400 tahun lalu, dinamakan Inuk, adalah manusia purba pertama yang berhasil diruntun genomnya.

Tahun lalu peruntunan genom gajah mammoth telah dilakukan dan sebentar lagi runtunan genom manusia Neanderthal juga akan menyusul. Para ahli genom mulai unjuk gigi, menunjukkan betapa besarnya potensi bidang ini.

“Tak ada yang tahu di mana batasannya,” kata Eske Willerslev, yang telah merintis analisis DNA purba di Universitas Copenhagen, Denmark, dan juga yang memimpin tim yang meruntunkan genom si Inuk. Target berikutnya mungkin adalah mumi dari Mesir dan Amerika Selatan, atau bahkan nenek moyang manusia yang lebih tua dari Neanderthal. Namun, tingkat keberhasilan untuk meruntun genom dari bekas-bekas sekuno itu tak bisa dipastikan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa Inuk adalah orang Eskimo dari suku Saqqaq, bergolongan darah A positif, memiliki kecenderungan kebotakan yang umum pada pria, rentan terhadap infeksi kuping, dan diperkirakan bermata coklat. Temuan lainnya yang menarik adalah Inuk merupakan keturunan dari bangsa yang sebelumnya tak diketahui, yang telah bermigrasi dari Siberia ke Amerika Utara sekitar 5.500 tahun yang lalu.

Contoh ideal

Inuk tergolong contoh yang ideal untuk peruntunan genom. Berkas-berkas rambut coklatnya ditemukan di barat Greenland, di mana suhu dingin telah mencegah penguraian DNA-nya. Dibandingkan dengan bekas tulang, bekas rambut juga lebih mudah dibersihkan dari kandungan mikroba.

Pengujian genom purba selanjutnya akan berusaha meruntun DNA dari sampel yang lebih sulit, yaitu dari belahan dunia yang daratannya tidak selamanya beku, atau dari bekas tubuh yang usianya lebih tua beberapa ribu tahun. Menurut Willerslev, salah satu kandidatnya adalah mumi dari Amerika Selatan. Populasi pribumi daerah itu jatuh drastis setelah kedatangan para penakluk dari Spanyol, Eropa, dan sangat sedikit yang diketahui tentang keanekaragaman bangsa yang pertama kali menetap di Amerika Selatan sebelum kedatangan bangsa Eropa. Harapannya, penelitian genetika bisa memberikan gambaran baru tentang bangsa itu.

Mumi lainnya juga memungkinkan untuk diruntunkan genomnya. “Bakal menarik kalau mengambil rambut dari Tutankhamen (untuk diruntun genomnya),” kata Carles Lalueza Fox, pakar paleogenetik dari Universitas Fabra Pompeu, Barcelona, Spanyol, secara terpisah dari tim penelitian Inuk. Menurut dia, mumi Mesir lainnya ada dalam daftar antrean.

Genetika mumi

Peruntunan DNA pertama yang menjadi pembuktian awal merupakan 3.400 pasangan basa DNA dari mumi Mesir berusia 2.400 tahun. Peruntunan genom penuh bisa memberikan informasi lebih, contohnya kita mungkin bisa tahu apa penyebab kematian Raja Tut.

Saat ini, satu-satunya genom manusia purba yang telah dipublikasikan adalah milik Inuk. Akan tetapi, sebentar lagi, tim pimpinan Svante Pääbo dan Ed Green di Institut Max Planck untuk Antropologi Evolusioner di Leipzig, Jerman, akan memublikasikan runtunan genom lengkap yang disusun dari beberapa Neanderthal yang kira-kira usianya 38.000 hingga 70.000 tahun.

Willerslev mengatakan bahwa Neanderthal bukanlah satu-satunya manusia purba yang bisa diruntunkan genomnya. Homo erectus, spesies yang muncul di Afrika kira-kira 2 juta tahun yang lalu, telah bertahan hidup di Asia timur hingga 100.000 tahun yang lalu. Kalau saja bisa ditemukan tulang dalam kondisi awet, genom Homo erectus bisa diruntun.

Laboratorium Willerslev telah menerima tulang belulang dari Spanyol yang merupakan bekas dari Homo heidelbergensis, yakni pendahulu dari Neanderthal. “Kita baru memulai (penelitian untuk tulang belulang itu) sekarang,” imbuh Willerslev.

Manusia purba

Kalau hasil genom dari manusia-manusia purba ini berhasil ditemukan, dan hal ini sangat tak bisa dipastikan, hasilnya bisa memberikan pemahaman lebih tentang hubungan antarspesies primata serta kapan dan di mana spesies-spesies itu mulai bercabang. Kalau informasi genetika yang didapatkan memadai, kita bisa mengetahui lebih banyak tentang manusia purba, bahkan mungkin bisa tahu seperti apa sosok mereka.

Genom manusia purba bisa memberikan masukan tentang evolusi spesies kita sendiri dan menjelaskan kapan muncul gen yang menyebabkan penyakit dan kesadaran tingkat tinggi.

Akan tetapi, DNA tidaklah abadi. Makin tua usianya, rantai DNA pecah menjadi bagian-bagian kecil. Akhirnya mereka menjadi terlalu kecil untuk diruntunkan, maka hilanglah petunjuk pada informasi tersebut. “Sepertinya ada rentang waktu sekitar 100.000 tahun di mana DNA utuh yang diawetkan bisa bertahan,” kata Green.

Namun, Stephan Schuster dari Universitas Negeri Bagian Pennsylvania, orang yang memimpin proyek genom mammoth, berpendapat bahwa ilmu genomik purba sedang mandek. Ia menjelaskan bahwa ada bagian-bagian besar dari runtunan genom Inuk yang tak bisa dilengkapi karena DNA-nya telah hancur lebur. “Kita akan menghadapi pertempuran sengit dalam memakai ini untuk (meruntun genom) dari sisa-sisa manusia dalam jumlah besar.”

 

binatang aneh + binatang jelek= ancur!! April 1, 2010

Filed under: aneh-aneh,Just 4 Fun — joyztikz @ 8:38 am

Anfípodo Pram

Crustacea kecil ini mengagumkan, hanya 2,5 cm. panjang, hidup di perairan Atlantik Utara ke kedalaman besar, memberi makan pada plankton dan inspirasi untuk karakter
“Xenomorfo” kisah fiksi “Alien”.

Calamar Lechón

Juga disebut Laughing Squid (Helicocranchia pfefferi) adalah cephalopod yang hidup sekitar 100 m. di bawah laut, memiliki pigmentasi langka yang membuatnya tampak selalu tersenyum, dan bukan hanya itu, para tentakel untuk membuat “rambut” dan benjolan kecil di depan, memberikan bentuk hidung yang menyerupai wajah manusia .

Estrella Cesto Gigante

Astrophyton muricatum adalah invertebrata Mesozoikum awal, sering dijumpai di sekitar BVI. Pada malam hari, berenang ke atas untuk memakan plankton dengan memperpanjang lengan mereka dalam bentuk cabang rumit. Kemudian membungkus sendiri sekitar mangsanya, kait kecil sepanjang senjata-senjata ini akan mencegah mangsa dari melarikan diri.

Engullidor Negro

Chiasmodon Niger adalah jenis ikan laut dalam milik keluarga Chiasmodontidae , karena kemampuannya yang luar biasa untuk menelan ikan yang lebih besar itu (yang kadang-kadang disebut “pemakan besar.”) Dia adalah contoh dari ungkapan “mata melihat lebih dari perut”

Tiburón Anguila

Frilled hiu adalah spesies Hexanchiformes Chlamydoselachidae keluarga elasmobranch dianggap sebagai fosil hidup yang hampir tidak berubah sejak zaman kuno

Pez Lobo

Beberapa spesies seperti serigala Atlantik ikan, menelan seluruh tubuh mangsanya, kerang dan semua. Mangsa tersebut kemudian dihancurkan dengan gigi yang kuat untuk memecah berkeping-keping dan mencernanya. Dapat menggigit kayu

Pez Hacha de Plata

Ikan kapak tubuh sangat tipis, menyerupai pisau kapak, dan mata tubular selalu melihat ke atas, ini membantu mereka menemukan makanan yang telah jatuh. Hal ini juga membuat tampaknya memiliki pandangan seorang psikopat. Mereka sangat, sangat jelek, tetapi mereka adalah makhluk damai

Pez Mixino

Walaupun namanya, ada beberapa perdebatan mengenai apakah ikan ini masuk kategori ikan, karena mereka jauh lebih primitif daripada garis keturunan dari kelompok lain yang disebut ikan hari ini. Memiliki tubuh yang panjang seperti belut, dan ekor yang tampaknya dayung

Salamandra Ciega de Olm

makhluk Transparan yang hidup di gua-gua bawah tanah, memburu mangsanya dengan menggunakan indra penciuman tajam serta sensor yang dapat mendeteksi medan listrik lemah. Dapat hidup tanpa makanan hingga 10 tahun, menurut ZSL.

Loris Esbelto Rojo

Loris Slender Merah adalah spesies primata estrepsirrino malam tinggal di hutan-hutan di India dan Sri Lanka. It feed on kadal, serangga, telur, daun kecil dan invertebrata.

Ajolote

The axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah sebuah fenotipe caudatus neotenic amfibi. Milik keluarga harimau ambistomátidos atau nila dari Meksiko. Mula-mula ia dikira contoh dari larva salamander harimau (Ambystoma tigrinum) yang tidak mengalami metamorfosis. Namun hari ini mereka diakui sebagai spesies yang berbeda

Salamandra China Gigante

Hewan ini memiliki kepala besar, mata kecil dan gelap warna kulit, keriput. Mereka tinggal di air dingin pegunungan sungai dan memakan serangga, ikan dan amfibi lainnya. Ini adalah jenis yang tidak biasa, dan spesies ini terancam oleh polusi, itu diburu sebagai makanan dan juga karena digunakan dalam pengobatan tradisional.

Cerdo de Mar

Kelihatannya seperti babi dengan telinga panjang dan hidung dengan baik ke dalam tanah. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa ia memiliki 12 kaki. Keluarga ini sangat umum di banyak bagian laut pada kedalaman 7 km

The Star Nosed Mole
Hewan asli Amerika Utara, hidung hewan ini berbentuk “bintang” dari 22 tentakel. Tentakel yang sangat sensitif, mereka bahkan dapat merasakan listrik!

The Naked Mole Rat
Hewan menggunakan gigi raksasa dan mulut untuk menggali lubang di dalam tanah. Mereka hidup seperti koloni lebah dan ada satu ratu untuk berkembangbiak.

The Blobfish
Hewan Ini lebih mirip karakter kartun dibanding dengan ikan. ikan Blob memiliki sangat sedikit otot dan bergerak sangat perlahan, mengambang seperti ubur2. Untuk makan, ikan blob menuju ke dasar laut untuk menunggu mangsa lewat.

The Sloth
Sloths bergerak amat sangat lambat dan hanya jika benar-benar diperlukan. Bulu Sloth menjadi rumah bagi dua macam lumut. Lumut tersebut memberikan mantel yang buruk tetapi bisa digunakan untuk kamuflase.

.anjing Crested Cina selalu memenangkan kompetisi anjing terburuk dari tahun 2002 sampai 2008.

The Yeti Crab
Kepiting ini mendapatkan namanya karena lengan capitnya yang dipenuhi dengan bulu seperti manusia salju, Yeti. Anda tidak perlu takut dengan kepiting ini karena mereka hidup pada kedalaman 8.000 kaki di samudra Pasifik (kecuali jika rumah anda dibawah laut kayak patrick star dong hehehe)

The Aye-Aye
The Aye-Aye merupakan spesies yang terancam punah sebagian karena penduduk Madagaskar yang melihatnya seperti pertanda datangnya keburukan sehingga langsung menembak hewan ini saat itu juga ketika ketemu hewan ini.

The Red-lipped Batfish
sepertinya lipstikpun tidak membantu muka hewan ini menjadi lebih cantik. Ikan ini adalah perenang yang buruk. Mereka menggunakan sirip dadanya untuk berjalan didasar laut.

Almiqui
The Almiqui adalah satu2nya mamalia di dunia yang mempunyai air liur BERACUN!!!

The Hag fish
The hagfish memiliki 4 jantung and 2 otak. ikan ini mengeluarkan kotoran terus menerus ketika dipegang atau difoto. Ikan ini dapat memproduksi kotoran sampai 20 liter dalam beberapa menit. (Hag = wanita tua yg rupanya sangat jelek….jahat banget yak yang ngasih nama hahaha)

The Coconut Crab
Kepiting ini merupakan arthopoda (hewan dengan cangkang diluar) darat terbesar di dunia. Kepiting ini dapat memanjat pohon dan kadang disebut “kepiting perampok” karena punya kecenderungan mencuri barang2 berkilau seperti pot dan panci.

. The Alligator Gar
Alligator gar adalah ikan air tawar terbesar di Amerika utara dan dapat mempunyai panjang sekitar 8-10 kaki. Hewan ini dapat bertahan hidup di daratan selama 2 jam..

Pabst
Pabst, anjing campuran yang akhirnya merebut World’s Ugliest Dog Contest dari Chinese Crested Dogs (yang sudah diceritakan diatas sebagai anjing yang langganan pemenang kontes anjing terburuk.)

The Sphinx Cat
The Sphinx cat memang menyeramkan. Tapi sebenarnya kucing botak tanpa bulu ini mempunyai perilaku yang baik

.The Proboscis Monkey/Bekantan
Primata langka yang mempunyai hidung besar yang menonjol. Monyet ini berkomunikasi dengan yang lainnya dengan dengan meluruskan hidungnya dengan suara mirip terompet.
Proboscis = Belalai

. The Komondor
Anjing ini sebenarnya digunakan untuk anjing penggembala. Bulu2nya memberikan perlindungan dari serangan serigala atau beruang

The Warthog
Warthogs mendapatkan namanya dari semacam tonjolan kutil (wart) besar empat buah di kepalanya. Hewan ini pelompat dan pelari yang jago

The Tarantula
walaupun tampak mengerikan, tapi TIDAK ada satupun gigitan tarantula yang mematikan manusia

Mata mata turtle
kura2 Mata Mata menggunakan penampakan buruknya untuk melindungi diri dari musuh. Cangkang dan kepalanya seperti kulit luar pohon. (yah kirain dari Indonesia gan karena namanya mata mata, ternyata dari Amazon sana)

source:http://yogakojiro.blogspot.com/2009/08/19-hewan-buruk-rupa.html

 

toilet seru & gokil!! March 30, 2010

Filed under: aneh-aneh — joyztikz @ 6:01 am

mau coba pipis / boker dii toilet ini??

wkwkwkwk… kalo mau ya cobain aja.. hhha..